Wednesday 15 January 2014

Perangkat keras komputer

Perangkat keras atau hardware komputer adalah semua bagian fisik komputer yang dapat dilihat, diraba, dan dirasakan. Secara umum, hardware komputer dibagi menjadi 3, yaitu input, proses dan output.

1. Perangkat Input
Bagian hardware yang termasuk perangkat input diantaranya adalah: keyboard, mouse, joystick, trackball, digitizer, scanner, vidoe player, video kamera, dan sebagainya.

2. Perangkat Proses
Perangkat proses atau Central Processing Unit (CPU) merupakan salah satu bagian komputer yang paling penting, karena jenis prosesor sangat menentukan jenis komputer. CPU merupakan tempat pemroses instruksi program, yang pada komputer disebut dengan prosesor mikro (micro-processor). Bagian-bagian dari CPU antara lain: Processor, RAM, ROM, Power Supply, Harddisk dan sebagainya.

3. Perangkat Output
Perangkat output di dalam unit komputer berfungsi untuk menghasilkan keluaran yang dapat berupa cetakan di kertas (hardcopy), tampilan di layar monitor (softcopy), atau dapat juga berbentuk suara. Perangkat output dapat berupa: printer, monitor, speaker, LCD Projector, dan sebagainya.

Selain itu, terdapat perangkat keras lainnya yang cukup penting dalam dunia komputer yaitu media penyimpanan. Ada 2 jenis media penyimpanan, yaitu media penyimpanan internal dan eksternal. Media menyimpanan internal dalam komputer contohnya adalah harddisk, yang disimpan dalam CPU. Sedangkan media penyimpanan eksternal contohnya disket, CD, DVD, Flashdisk, Harddisk eksternal dan lain sebagainya.

Sumber Materi TIK Kelas VII dan gambar dari google


Silakan coba kerjakan Quiz tentang Perangkat Keras Komputer berikut ini:

2 comments:

Harta berharga adalah nasehat yang baik. Pembaca yang baik akan memberikan nasehat yang baik.

Top